Hari Jantung Sedunia

Jantung sehat damban kita semua. Menurut Kemnetrian Kesehatan tahun 2019, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di Indonesia. Jantung bekerja selama 24 jam non stop. Menjaga kesehatan jantung tidaklah susah. Kebiasaan makan sehat, berolahraga dan tidak merokok adalah kunci utama. Memulai rutin berolah raga mungkin membutuhkan motivasi ekstra bagi olang yang malas gerak. Namun, demi kesehatan jantung anda, mulailah.

Untuk usia dewasa sebaiknya mengurangi konsmsi gula, garam dan lemak, yang jika tertimbun dalam tubuh dapat juga menyumbat pembuluh darah jatung. Perbanyaklah makan makanan berserat.

Anda merokok? Hmhm, sepertinya harus belajar berhenti meokok jika ingin jantung tetap terjaga. Jika sulit berhenti merokok namun sudah mempunyai keinginan kuat, anda bisa mngunjungi klinik berhenti merokok terdekat, di puskesmas atau rumah sakit.

Bagi anda yang sudah menderita penyakit jantung, tetap optimislah untuk menjaga kesehatan. Kondisi anda harus selalu terkontrol, konsultasikan kondisi anda pada dokter. Jika pertemuan dengan tenaga kesehatan dibatasi, anda masih bisa menghubungi tenaga kesehatan lewat SMS,, whatsapp atau manfaatkan teknologi telemedicine seperti halodokter atau alodok.