umum

Jaga Kesegatan Fisik, Mental, Sosial di Masa Pandemi Covid 19

Sehat fisik, mental dan sosial merupakan dambaan kita semua. Tidak sulit kok untuk mewujudkannya. Asalkan punya niat yang kuat dan komitmen untuk melaksanakan hidup sehat. Apalagi dimasa pandemi covid-19 saat ini, sudah banyak korban berjatuhan, tentu kita tak ingin menjadi korban berikutnya bukan?
Agar sehat fisik kita perlu menerapkan Gerakan masyarakat hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi sesuai kebutuhan tubuh, cukup istirahat sesuai usia, olahraga teratur sesuai usia dan kemampuan fisik, tidak boleh merokok serta rutin cek kesehatan.
Sehat mental juga perlu dijaga agar dapat menikmati indahnya hidup ini. Perbanyak bersyukur dan bahagia dalam menjalani hidup apapun kondisinya. Ibadah meruapak rutinitas yang tidak boleh ditinggalkan ya. Perbanyaklah berdoa agar wabah segera sirna. Tidak kalah pentingnya menjauhi hoak yang dapat menghambat penanganan pandemic dan menimbulkan rasa curiga dan tidak percaya. Lakukan hoby agar kesehatan mental tetap terjaga.
Satu lagi yang tidak boleh dilupakan, yakni sehat secara social. Orang yang sehat secara social akan peduli pada orang lain. Jangan meberikan stigma pada keluarga yang terkonfirmasi covid-19. Justru kita perlu mendukungnya agar yang bersangkutan tetap semangat menjalani masa karantina atau isolasi dan segara sembuh jika mengalami gejala covid-19. Perlu juga mengingatkan untuk menerapkan protocol kesehatan ada teman, saudara dengan cara yang baik. Tidak perlu berdiskusi yang menjelek – jelekkan pemerintah, lebih bagus lagi jika kita memberikan konribusi nyata untuk mendukung pemerintah dalam penanganan pandemic covid-19. Sering – seringlah menjalin hubungan / silaturahmi secara virtual kepada rekan kerja, teman, saudara agar memperkuat ikatan emosi dan saling menguatkan.
Selamat hari kesehatan sedunia (7 April)
Building fairer, healthier world…..Mari membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat di era pandemic covid-19.

Salam Germas: sehat, bugar, produktif
Best Regrads : Dewi Wulandari

Comment here